FarapaNotes
Home » » Review Buku : Tak Kemal Maka Tak Sayang

Review Buku : Tak Kemal Maka Tak Sayang

Written By Fazrin RP on Kamis, 18 Juni 2015 | 14.12.00

Kemal Palevi
176 halaman
Bukune, 2014
harga Rp.40.000


Kemal Palevi , seorang comedian yang sukses dalam Stand Up Comedy Indonesia 2 mendapatkan juara 3 merilis buku perdananya yang berjudul "Tak Kemal Maka Tak Sayang"

*Sorry gue pake thumbnail film nya soalnya gak ada foto buku nya yang lebar
 
Oke, awalnya gue iseng pergi ke TB Gramedia Jl. Merdeka Bandung. Tadinya gue mau belik komik, eh sesaat ketika gue lihat cover foto Kemal gue terhenti dan mencoba melihat-lihat buku itu. Gue coba baca buku testernya dan cukup menarik. Akhirnya gue putuskan untuk membeli buku Tak Kemal Maka Tak Sayang Ini , dan tidak jadi membeli komik.
 

Dan saat pulang ke rumah, gue langsung membaca nya. Dan gue pikir gue gak sia-sia beli buku ini. Isinya sangat menarik mengisahkan masa-masa Kemal dari kecil hingga sekarang. Sipnotis belakang buku nya seperti ini :

Meskipun gue anak asli Indonesia, banyak yang nyangka kalo gue keturunan Arab. Semuanya berawal dari proses persalinan. Waktu itu, Dokter yang menangani nyokap adalah seorang ustaz yang sangat fasih membaca Kitab Suci.
*Di Ruang Persalinan*
Nyokap : uhhhh... uhhhhhh...!
Dokter : Nahat, Ub! Nahat, Ub! Tikides igal!

Dan gue pun lahir...., "Oeeekkk... Oeeekkk!"

Nyokap: Lah, Dokter, kok anak saya seperti Arab?
Dokter: Kadit uhat ayas, Ub. Ipat, agomes aja kana ini awab hekreb.
Nyokap ngomong ke perawat: Ini dari tadi ngomong apa, sih, Mbak? Saya nggak ngerti.
Perawat: Oh…, dokter saya terlalu fasih baca kitab suci, Bu. Jadi, ngomongnya kayak baca huruf Arab, dari kanan ke kiri.
Nyokap: … Ho…. ngalib ngod irad idat.
Gue: Oeeeekkk… oekkkkkkk…! Keooooooo… kkkeeeeooo…!!!

Begitulah awal kisahnya.

Kemal boleh jadi pemuda ganteng biasa, tapi jalan pikirannya yang nggak bisa ditebak bikin dia aneh bin ajaib. Dengan bekal itu, Kemal berhasil menggondol piala juara 3 SUCI (Stand-up Comedy Indonesia) season 2…, langsung dari lemari penyimpanannya. -__-

Dalam dunia absurd Kemal, apa aja bisa jadi lucu dan konyol. Proses kelahiran dengan jampi-jampi Arab, silsilah keluarganya yang kusut, komunikasi pacaran pake merpati pos, sampe problem pemerintahan yang menurutnya bisa diselesaikan dengan bantuan Doraemon.

Yok, kita intip apa aja isinya! Karena seperti kata pepatah ‘Tak Kemal, Maka Tak Sayang’.


Nah begitulah sinopsis dari belakang buku ini. Lo yang belum pernah ketemu sama dia akan serasa mengenal Kemal sangat dekat bila membaca buku ini, karena isinya banyak menceritakan tentang kehidupan Sang Kemal. Dan ada satu bab yang menurut gue gak perlu di tulis panjang lebar yaitu bab "Gue dan Cinema" tentang Film Favoritnya Kemal. Menurut gue kalo film favorit itu gak perlu dijelasin panjang lebar dan gak usah terlalu banyak filmnya juga karena akan membuat pembaca bosan dan ingin melewati bab ini.
 

Tapi Overall buku ini sangat menghibur terutama di awal-awal bacaan karena banyak hal yang kocak yang hampir semua orang mengalaminya terutama pada bab "Fakta Kisah Percintaan Di Sekolah" yang gue bener-bener ngalamin itu. Dan gue enjoy banget baca buku ini cuma 1 hari langsung gue baca sampe tamat. Gue kasih 8/10 buat buku ini. Buat lo yang pengen tau lebih jauh, buruan gih beli. Jangan minjem ya ..!

Review by : Fazrin R.

Review buku blog ini diambil dari blog khusus review gue, Lipiw yang berisi tidak hanya review buku, ada film, game, anime, dan manga juga.
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

0 komentar :

Posting Komentar