FarapaNotes
Home » » Tips Meningkatkan Kualitas Hidup

Tips Meningkatkan Kualitas Hidup

Written By Fazrin RP on Kamis, 18 Juni 2015 | 13.44.00

Kenapa gue buat post ini? soalnya gue liat kebanyakan orang bahkan temen gue punya kualitas hidup yang kurang. Kualitas disini bukan berarti kualitas harta, tapi kualitas proses untuk menjalani kehidupan.  Mereka gak punya cita-cita, gak mau merubah nasib, gak minat untuk menjadi orang yang berhasil. Itu sayang banget! sayang karena masa depan mereka sangat gelap.
    Coba deh lo pikir, kalo banyak dari generasi kita yang akan mati sia-sia. Kenapa? Coba aja lo bayangin bahan sandang,pangan,papan semua meningkat dan terus meningkat gak bakalan terus kaya gitu ,apalagi kalau menurun, semua akan terus meningkat. Sedangkan jika orang yang kualitas hidupnya kurang. Mereka cenderung gak mikirin hal begituan. Mereka gak mikirin gimana nasib keluarga mereka di masa depan, gak mikirin mau ngasih makan bini pake apa, dll. Itu beneran hidup yang gak ada artinya dari sudut pandang kehidupan. Jujur gue bener-bener prihatin dan kasihan sama mereka. Seperti kata Bill Gates “semua orang mempunyai nilai yang sama” maksudnya seperi ini ,misalnya lo di kasih uang jajan sama orang tua lo 20rb/hari. Sedangkan anak di luar sana gak dikasih uang jajan sama orang tuanya karena orang tua mereka gak punya duit. Itulah perbedaan nilai yang dimaksud oleh Bill Gates. Nah itu hanya gambaran karena kalau hanya uang jajan itu benar-benar tidak jadi masalah menurut gue. Disini gue bakal bahas nilai-nilai peting yang harus kita semua punya agar kita semua memiliki nilai yang sama. Dan mungkin diantara lo yang baca post gue, lo termasuk orang-orang yang kualitas hidupnya kurang. Gue harap setelah lo baca ini,lo termotivasi untuk meningkatkan kualitas hidup lo, bisa menemukan cita-cita lo dan bisa menggapainya. Oke langsung aja gue bahas.

1. Goal
    Buat lo yang gak tau,goal disini bukan maksudnya bola masuk ke gawang. Goal adalah tujuan,jadi goal yang gue maksud ini adalah tujuan hidup. Lo punya tujuan gak buat hidup di dunia ini? apa?. Sebenarnya tujuan utama kita sebagai manusia itu adalah beribadah, gue tegasin ibadah itu harus jadi tujuan utama. Kalo lo meprioritaskan ibadah,hidup lo akan tenang,tentram,aman dan damai. Soalnya percuma kalo lo cuma punya tujuan sukses tanpa tujuan ibadah. Suatu saat lo pasti di timpa masalah berat dan mungkin bisa bikin lo stres,depresi, bahkan sampai gila, itu semua bisa saja terjadi. Tapi kalo lo punya dinding agama atau tujuan ibadah yang gue maksud, mustahil banget buat lo bisa sampe gila,karena lo selalu dekat dengan Tuhan. Nah sekarang goal yang sama pentingnya namun yang berada di bawah ibadah. Apa? ya tentang goal cita-cita lo di dunia.
    Lo harus punya goal untuk dunia agar hidup lo nyaman,bahagia, dan menikmati kehidupan. Dan kalo lo punya goal lo bisa kejar dengan jelas kejar apa. Beruntung kalo lo udah punya goal yang jelas,lo tinggal kejar aja untuk bisa berhasil menjadi seperti apa yang lo inginkan. Dan buat lo yang gak punya goal, mulai dari sekarang lo harus tentuin. Cari apa yang lo suka dan tekuni itu sampai lo merasa bahwa bidang itu menjadi passion dan akan menjadi tujuan lo kedepannya. Ingat, tujuan itu harus datang dari diri sendiri, gak boleh dari orang lain apalagi paksaan. Lo gak bakalan berhasil menjadi apa yang orang lain inginkan. Tapi lo akan berhasil menjadi apa yang lo inginkan. Itu karena keberhasilan berawal dari diri kita sendiri, bukan orang lain!
     Lo tanya sama diri lo sendiri lo paling suka apa?lo paling merasa tertantang dengan apa? kalo lo udah bisa jawab semua tinggal lo tentuin pekerjaan yang cocok dengan itu apa. Misalnya, “gue paling suka di bidang komputer,buat program,ngulik komputer dan gue merasa tertantang kalo gue gak mengerti suatu hal dari komputer dan gue akan mencoba mempelajarinya sampe bisa. Gue cocok jadi programmer. Gue bakal terus belajar sampe cita-cita gue tercapai menjadi seorang programmer handal dan gue ingin seperti Bill Gates”. Seperti itulah gambarannya. Nah buat lo yang masih bingung, pake cara gue itu, CARI DARI SEKARANG! Dan ketika lo menemukannya gue yakin, lo pasti akan merasa bahagia. Dan lo udah tau sekarang cita-cita lo apa. Gue yakin lo pasti bener-bener semangat buat kejar itu semua. Gue tau karena itu semua berdasarkan pengalaman gue sendiri. Gue tegasin sekali lagi, ini sangat penting, “Goal”.

2. Mindset
    Yang kedua ini gak kalah pentingnya. Ini sangat berhubungan dengan kedewasaan lo. Yap, POLA PIKIR. Kedewasaan seseorang itu dinilai dari pola pikir nya. Dewasa bukan berarti umur lo yang dewasa,tapi pola pikir lo yang dewasa! “Semua orang pasti menua,tapi semua orang tua tidak pasti dewasa”. Pola pikir dewasa itu adalah dimana lo bisa mengendalikan dengan penuh diri lo. Lo gak peduli apa yang orang lain katakan terhadap lo, lo hanya memikirkan diri lo seperti apa yang lo pikir. Orang lain bilang kalo lo pasti gak bisa mengerjakan suatu hal. Tapi lo gak peduli sama apa yang mereka katakan, dan lo yakin lo pasti bisa. Itulah kedewasaan. Gak banyak orang yang punya mindset seperti ini. Beruntunglah kalo lo seperti ini. Dan yang belum? gak jadi masalah! lo pasti bisa merubahnya. Gue bilang jangan peduli sama apa yang orang lain katakan. Percayalah sama diri lo sendiri kalo lo pasti bisa.
    Caranya? ya gak usah pake cara apa-apa,ya lo ubah lah pola pikir lo itu. seperti “Gue gak bisa” jadi “Gue belum bisa” lalu “Gue pasti bisa” , “Gue bodoh” jadi “Gue gak bodoh” lalu “Gue pinter lah” . Dan biasanya hal-hal yang sangat mempengaruhi pola pikir seseorang itu adalah omongan orang lain “Eh kata si A gue ini payah, B juga bilang gitu , gue bener-bener payah” nah itu yang biasanya paling bikin lo terpengaruh untuk gak dewasa dan lo merasa rendah. Coba deh kalo lo mikir gini “Eh kata si A gue payah, B juga bilang gitu. Mungkin mereka belum tau kemampuan gue, cihh liatin aja gue bakal buktiin kalo gue itu hebat dan gak payah seperti apa yang mereka kira, gue bakal buktiin”. Nah dengan begitu pasti lo punya semangat untuk membuktikan kepada mereka kalo lo itu hebat. Itu keren jow, dengan terus lo mikir seperti itu,lo bener-bener akan mempunyai pola pikir yang dewasa. Lo bisa ngendaliin diri lo dengan sepenuhnya dan cacian-cacian orang udah gak bakalan mempan buat lo.
     Dan ini nih yang paling gak dewasa dan terlihat bodoh menurut gue. Mindset “LEBAY”,lo tau ciri-ciri orang lebay gimana kan? dia yang suka cari sensasi tanpa prestasi,ngabisi uang orang tuanya hanya untuk pamer,upload foto tangan yang berdarah dengan sengaja, minta dicabut nyawa gara-gara diputusin pacar dan masih banyak lagi. Gue jijik sama yang begituan. Sebenarnya semua itu gak salah kalo niat lo baik dan gak berlebihan,tapi kalo berlebihan inilah yang disebut LEBAY. ”Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”. Lebay itu gak dewasa jow, lebay itu norak, dan ini adalah level terendah dari mindset menurut gue. Dan buat lo yang merasa seperti ini, cepat-cepat lo ubah , karena lo akan terlihat seperti orang yang sangat bodoh. Lo bener-bener harus merubahnya dari sekarang. Kalo engga lo gak akan pernah terlihat cerdas di mata orang lain. Coba lo buktiin ke gue kalo lo gak bodoh dengan cara merubah pola pikir lebay lo itu! Ayo bangkit dari anggapan orang lain kalo lo lebay, buktiin kalo lo juga punya prestasi! dan hilangkan sikap berlebihan lo itu!
    Semangat! lo pasti bisa menjadi orang yang berpikir dewasa!



3. Percaya diri
    Percaya diri,ini juga penting. Semua yang gue bahas disini emang penting semua. Oke, percaya diri itu termasuk mindset juga. Tapi gue bedakan karena ini memang sedikit berbeda. Bedanya jika mindset hanya diproses di otak, percaya diri diproses di otak dan dalam hati. Banyak orang yang sukses di dunia ini karena dia percaya dan yakin terhadap kemampuan dirinya sendiri. Dia yang percaya bahwa kinerjanya sangat baik, sehingga diangkat jabatannya. Dia yang percaya bahwa dirinya bisa melakukan suatu hal, sehingga dia benar-benar bisa melakukannya. Berbeda dengan orang yang minder. Banyak juga orang yang gagal di dunia ini karena dia minder dan tidak yakin terhadap kemampuan dirinya. Lo bisa bergaul dengan banyak orang,dari berbagai kalangan dan lo bisa mengendalikan diri lo, karena lo punya Pede.
    Pede itu harus karena akan memperluas pergaulan lo di dunia ini. Dengan percaya diri lo pasti bisa berbicara di depan orang banyak, lo bisa berpidato, lo bisa menyanyi di atas panggung, lo bisa berbagi pengalaman dengan tukang becak bahkan dan masih banyak lagi yang bisa lo lakuin dengan percaya diri. Lo bisa ngakuin kesalahan lo juga termasuk percaya diri, dan termasuk mindset kedewasaan tadi. Udah gak zaman kalo lo gak berani berbicara di depan orang banyak. Apa kata orang cerdas kalo lo ngomong di depan dengan grogi,gugup bahkan lo sampe diem karena tiba-tiba blank semuanya. Itu semua karena lo gak pede. Terus gimana caranya biar gue bisa percaya diri? berhubung percaya diri termasuk pola pikir atau mindset maka caranya pun sama. Lo harus berpikir kalo lo bisa. Simple aja kalo buat percaya diri ini. Pokoknya lo harus yakin dan percaya sepenuhnya terhadap diri lo sendiri.

4. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya
    Waktu itu ibaratkan sungai, sungai tak henti-henti mengalirkan air. Dan kita tak akan pernah bisa menyentuh air yang sama. Waktu pun seperti itu, terus berjalan. Kita tidak akan bisa kembali ke masa lampau, atau merubah yang telah terjadi. Ini sangat penting, jangan pernah lo sepelekan waktu walau cuma 1 menit. 1 menit emang buat apa? lo masuk jam 7.00 tapi lo telat hanya 1 menit bisa-bisa lo dikunci dan gak bisa masuk sekolah, syukur syukur kalo satpam sekolah lo baik, kalo engga?. Guru gue pernah bilang jangan mikir “Gimana nanti” tapi mikir ”Nanti gimana?”. Misalkan lo punya pr yang belom dikerjain, dan lo males buat ngerjainnya,lo mikir “gimana ntar aja dah, gue nyontek pr temen atau mungkin ada temen yang gak ngerjain juga”. Lah terus gimana kalo kebetulan lo kesiangan masuk kelas, dan lo gak sempet kerjain pr lo,plus gak ada temen lo yang gak kerjain,semua temen lo ngerjain pr,plus plus guru killer. Itu kan gak lucu menurut lo. Tapi menurut orang-orang itu lucu dan bisa jadi bahan candaan, emang lo mau diketawain temen satu kelas?.
    Jadi, lo harus lebih menghargai waktu lo, coba kalo lo mikir nanti gimana, pasti lo ngerjain pr lo itu. Gue saranin lo buat jadwal keseharian lo, mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi, lo buat jadwalnya. misalkan lo bangun jam 5 pagi, trus sarapan jam 6 pagi, mandi,sekolah dan seterusnya. Usahakan lo sibukkan diri lo dengan kegiatan-kegiatan positif seperti bimbel, les privat, belajar bareng, dll yang jelas berguna buat lo. Dan usahakan agar waktu luang lo gak banyak. Tapi jangan terlalu sibuk juga, lo perlu refreshing ketika hari libur, jangan buat otak lo jenuh. Lo bisa kumpul bareng temen, jalan-jalan, piknik bareng keluarga, hiking, main game dll. Itu semua pun perlu,agar otak lo bisa fresh setelah seminggu lo sibuk. Dan lo juga bisa buat daftar hal yang akan lo kerjain singkatnya sih “To Do List” agar mengingatkan lo untuk melakukan hal yang ingin lo lakuin.

5. Berkarya & Berprestasi
    Lo harus bisa berkarya atau berprestasi. Minimal lo punya satu prestasi atau karya yang patut lo banggain di bidang yang lo suka. Prestasi dan karya ini sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup lo, diantaranya adalah semua yang gue bahas sebelumnya bisa jadi terciptanya suatu tujuan atau goal, pola pikir cerdas, dan percaya diri. Misalnya lo suka pelajaran sains, dan lo pernah menjuarai olimpiade sains. Otomatis pelajaran sains itu menjadi passion lo, dan lo akan enjoy melakukan apapun yang berhubungan dengan sains, akhirnya terciptalah tujuan lo ingin menjadi ilmuwan. Mindset orang berprestasi dan berkaryapun sudah dipastikan cerdas karena telah meraih prestasi berbeda dengan orang yang tidak memiliki prestasi atau karya. Kehidupan lo akan dipenuhi oleh pujian-pujian orang disekeliling lo dan lo pasti sangat merasa bahagia sehingga lo akan terus meningkatkan prestasi dan karya lo.

6. Hidup Sehat
    Siapa bilang hidup sehat itu mahal? justru sakitlah yang mahal. Lo harus ngabisin duit ratusan ribu bahkan sampai jutaan cuma untuk mengobati sakit lo.”Mencegah lebih baik daripada mengobati” Mulailah dengan makanan yang menyehatkan (4 sehat 5 sempurna), dan yang halal tentunya untuk keperluan asupan lo. Gue saranin kalo makan jangan terlalu sedikit, karena kalo sedikit lo gak bisa fokus. Dan jangan terlalu banyak, karena akan bikin lo cepet ngantuk. Makan dengan teratur dan dengan porsi yang pas. Jangan lupa juga untuk olahraga, usahakan seminggu dua kali lo olahraga dengan lari-lari kecil sekitar 30 menit agar badan lu fit dan bugar.

Oke,mungkin itu yang bener-bener penting buat meningkatkan kualitas hidup lo. Gue serius, itu bener-bener terbukti. Sekarang tinggal kemauan lo aja apakah lo ingin berubah untuk meningkatkan kualitas hidup lo atau enggak, itu terserah lo. Gue cuma mau berbagi dan membantu lo semua. Semoga post gue yang ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Bila ada sesuatu yang menurut lo penting, lo bisa komen di bawah ini, dan mungkin bisa gue update post ini. #Semangat!
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

0 komentar :

Posting Komentar