FarapaNotes
Home » » Tips Agar Tidak Lapar dan Haus Ketika Menjalani Puasa

Tips Agar Tidak Lapar dan Haus Ketika Menjalani Puasa

Written By Fazrin RP on Jumat, 19 Juni 2015 | 09.15.00

Selamat Pagi, Siang, Sore! (*Kalo malem gak usah, ngapain laper/haus coba?!). Gimana Puasanya? Masih kuatkan? Masa iya gak kuat, ngejar gebetan bertahun-tahun aja kuat. Kali ini gue mau kasih tips buat kalian yang puasanya suka kelaparan atau kehausan. Gue sering banget ngeliat orang yang ngusap - ngusap perutnya aja ketika puasa. Padahal banyak hal yang bisa lo lakuin selain ngusap - ngusap perut. 

Kali ini gue akan berbagi tips yang sudah benar-benar teruji oleh diri gue sendiri. Ya, target research nya cuma gue doang. Tapi gak apa-apa, siapa tahu bisa bantu kalian.
Tips agar tidak lapar : Makan
Ya iyalah kalo lo lapar ya lo makan, masa lo main futsal?
Tips agar tidak haus : (*Udah Ketebak) Minum

(*Udah Ketebak Juga)

Enggak-enggak, bukan itu. Itu cuma pemanasan aja. Oke, gue bakal kasih tau lo 'tips' yang sebenarnya.

Tips agar tidak lapar :
Cara Pertama : Baca Buku
Kalo untuk cara pertama ini biasanya hanya efektif untuk 'kutu buku'. Tapi tenang, yang bukan kutu buku juga bisa terbantu dengan ini. Baca itu lama. Tapi kalo lo suka, waktu akan terasa cepat apalagi lo suka dengan bukunya. Jangan baca buku yang gak jelas. Itu cuma buang-buang waktu. Cari buku yang benar-benar bermutu agar lo membacanya tidak sia-sia. Nah buat yang bukan kutu buku, lo baca aja deh. Dijamin lo ngantuk, dan akhirnya tidur. Mudah-mudahan bangunnya shubuh.

*Bonus : Kalo mau berkah dan udah jelas manfaatnya. Baca aja Al-Qur'an, kalo belum bisa, baca aja tafsirannya (baca: terjemah). Tapi hati-hati kalo baca terjemah, lo harus bisa open mind. Kalo enggak syetan bisa bisikin lo yang enggak-enggak. (*Itu pengalaman gue pribadi)

Cara Kedua : Nonton Film

Tips ini emang gak usah ditanya. Maksud 'film' gue disini luas, gak selalu film , bisa anime, drama atau apapun yang lo suka. Gue pake kata 'film' karena gak tau kata ganti untuk mewakili keseluruhan. Filmnya harus bener-bener lo suka dan bikin lo entar-entarin makan atau mandi di hari biasanya. Nonton bisa makan waktu berjam-jam sampe lo lupa makan. Jangan lupa filmnya jangan yang gak jelas. Supaya waktu lo gak terbuang sia-sia juga. Dan gue ingetin jangan nonton film yang ada adegan #IYKWIM nya, ntar batal dong puasanya.

Cara Ketiga : Main Games



Nah ini nih. Gue emang gamer, dan ini cara yang paling ampuh ngatasi laper menurut gue. Kalo main game, waktu bener-bener gak kerasa. Jangankan bulan puasa, bulan biasanya pun kita sampe bisa lupa makan. Apalagi game online + di warnet, wuihh paling mantap buat ngabuburitnya bareng temen. Tapi gue tekankan lagi, jangan main game yang gak jelas.

(*Catatan : Gak jelas yang gue maksud dari tadi adalah yang gak ada manfaat yang bisa kita ambil dari sana. Misalkan buku isinya cerita #IYKWIM , itukan gak ada gunanya. Beda dengan buku pengetahuan atau novel berkualitas yang bisa kita ambil pelajarannya, misalnya persahabatan. Film juga sama, jangan nonton film IYKWIM dan film hantu. Itu bener-bener gak ada manfaatnya. Kalo untuk game, gue saranin game strategy seperti Dota 2, atau apapun yang memicu otak lu untuk berfikir gimana caranya supaya menang/tidak kalah.)


Cara Keempat : Lihat yang jorok-jorok
Gue serius, lihat yang jorok-jorok. Tapi bukan jorok-jorok itu #IYKWIM. Lihat misalkan tai ayam, tai kuda, darah, pokoknya yang begituan deh. Supaya lo gak nafsu makannya. Hahaha, ini terkesan joke, tapi ini bener-bener bisa dicoba. Gue sengaja gak pake gambarnya supaya gak ngerusak suasana baca lo. Kalo emang mau coba, buka aja sendiri di gugel.

Tips agar tidak haus : 
Haus memang yang paling susah dihindari. Mau lo baca buku, nonton film, main game, tetep kalo haus pasti inget. Beda sama makan.
Cara Pertama : Menyikat Gigi
Dengan menyikat gigi, mulut lo akan terasa segar dan gak ingin minum lagi. Selain itu juga bisa menghindari dari mulut ketika berpuasa.
Cara Kedua : Mandi


Jangan liat, entar batal lagi. Iya, lo pasti merasa segar kan kalo udah mandi. Kalo lo haus berat, mandi aja. Tapi jangan sampe 5x ya.

Oke sekian aja Tips Agar Tidak Lapar dan Haus Ketika Menjalani Puasa versi gue. Mudah-mudahan kalian semua terbantu. Semangat ya puasanya!
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

2 komentar :

  1. Tips Agar Tidak Haus ala gue:
    Kumur-kumur pake Baygon.
    Dijamin, haus hilang, nyawa terancam XD ~ haha #JAYUS

    BalasHapus