FarapaNotes
Home » » Kenangan Menjadi Santri

Kenangan Menjadi Santri

Written By Fazrin RP on Kamis, 25 Juni 2015 | 11.14.00

Gak terasa akhirnya gue lulus juga sekolah di Pesantren. Gue emang gak sekolah di SMP tapi gue sekolah di MTS. Makanya gue kasih judul Kenangan jadi 'Santri'. Santri itu punya nilai lebih di mata masyarakat dibanding siswa. Gue gak bertujuan SARA dalam postingan ini. Gue cuma mau berbagi pengalaman gue menjadi seorang santri di sekolah gue, MTs Persis 3.

Sudah 3 tahun gue sekolah disana, tapi rasanya baru aja 3 bulan gue sekolah. Gue masih inget pertama kali dibujuk orang tua gue buat sekolah di pesantren. Jujur, awalnya gue nolak dan pengen sekolah di negeri favorit. Sebenarnya sih gak begitu nolak juga gue sekolah ke pesantren, cuma pengen masuk sekolah negeri aja. Bisa dibilang meskipun pesantren, tapi pesantren ini cukup favorit di daerah gue. Orang tua gue ingin banget gue masuk ke pesantren karena takut gue bakalan terbawa arus kenakalan remaja yang memang berawal di usia SMP. Karena kalo di pesantren pasti dapat bimbingan khusus.

Dan setelah dipikir-pikir akhirnya gue mau sekolah di pesantren. Karena banyak juga temen gue yang sekolah disana. Setelah orang tua gue denger gue mau sekolah di pesantren, orang tua gue langsung daftarin gue. Setelah daftar, gue tinggal tunggu MOS. MOS di sana namanya adalah Ta'aruf.

Beberapa minggu setelah daftar, Ta'aruf pun dimulai. Gue disuruh buat topi wisuda segi 5 dari kertas karton warna biru, ditambah dengan mengenakan papan nama bertuliskan nama gue dan nama sekolah asal gue. Gue orangnya emang cuek, semua perlengkapan yang harus di bawa ketika Taaruf malah orang tua gue yang menyiapkannya.

Setelah sampe di pesantren gue ketemu saudara gue namanya Alfi, waktu itu gue cuma ketemu dia aja yang gue kenal. Gue dikenalin sama temannya dia. Teman baru yang pertama gue kenal disana namanya Fahmi, Naufal, Ilyas, dan Nandi. Gue bener-bener gak liat teman gue yang lain yang udah gue kenal sebelumnya. Santri yang daftar aja sampe 240 kurang lebih.

Hari pertama, pembentukan kelompok Ta'aruf. Kelompok disesuaikan berdasarkan nomor pendaftar, dan gue dapet kelompok 7. Dan dari kelompok itu juga gue dapet temen baru, temen yang pertama gue kenal di kelompok itu namanya Ilham dan Saeful. Gue kenal gara-gara duduk deketan sama mereka. 

Dan ketika Ta'aruf atau MOS biasanya ada tebak-tebakan makanan. Dan yang paling gue inget itu buah malam minggu. Gue bingung banget apa itu buah malam minggu. Karena gue gak tau, gue beli aja jeruk. Daripada gak bawa sama sekali, ntar malah disuruh ke depan aula. Ogah banget gue ke depan. Dan ternyata buah malam minggu yang di maksud adalah buah 'apel'. Kenapa apel? apel itu bahasa sundanya ngedate atau kencan. Tapi apel yang ini bacanya beda, a'pel' nya itu kaya baca nge'pel' lantai. Begitulah masa-masa ketika Ta'aruf.

Setelah selesai Ta'aruf, pembagian kelas di umumkan. Gue dapet kelas 7E bareng sama teman yang tadi gue kenal, Alfi, Fahmi, Naufal dan Ilham. Kalo selain itu gak sekelas sama gue. Gue inget, kelas gue itu paling sering kena ceramahan dan dimarahi guru. Karena muridnya banyak yang aneh-aneh. Meskipun gitu tapi kelas gue termasuk kelas yang berprestasi juga. Meskipun gak ke-1. Kelas itu bener-bener gak bisa gue lupain. Teman-temannya yang unik dan aneh, bikin suasana kelas jadi selalu ribut. Gue juga termasuk orang yang suka ngeributin kelas. Tapi untungnya gue jarang-jarang dapet ceramahan guru. Banyak temen gue yang jadi korban, padahal gak ngelakuin apa-apa.

Naik ke kelas 8, tadinya gue pengen sekelas lagi sama beberapa orang yang di kelas 7, nyatanya gue cuma sekelas sama Ananda temen gue dari kelas 7E. Namanya Ananda , tapi dia cowo. Nah ini dia kelas paling memorable. Kelas gue ini adalah kelas 8B. Kelas yang selalu dapet pujian dari guru-guru. Dan di kelas 8 pula, gue mulai punya pacar di pesantren. Dan di kelas ini lah gue mulai main geng-gengan. Temen geng gue dari kelas 8 itu sampe sekarang masih tetep jadi teman geng. Sebenarnya sih bukan geng, cuma ya suka barengan aja gitu. Teman-teman geng gue yang sampe sekarang tetep jadi soulmate adalah Sofyan, Adam, Alfath, Fadhlan, Rizky, Fahreza, Ananda.

Di kelas 8 juga gue sering banget touring sama temen-temen sekelas. Dan yang paling seru ketika kelas 8, adalah ketika gue ikut Staff RG-UG (baca: OSIS). Di Staff RG-UG ini paling banyak dan paling aktif dari kelas gue. Gue kebetulan menjabat jadi Sekretaris. Dan ketuanya adalah sahabat se-geng gue yaitu Adam. Gue adalah orang yang paling banyak absen di acara-acara Staff. Karena gue orangnya malesan dan cuek. Akhirnya gue dapet teguran dari anggota. Ya sebenarnya gue sadar, tapi gue tetep aja lakuin itu sampe selesai jabatan gue.

Jabatan gue selesai bukan karena masa Staffnya selesai, tapi karena kurangnya kerja sama seluruh anggota. Jadinya seluruh jabatan di rolling, dan gue jadi kebagian jabatan Staff Konsumsi. Gue bener-bener bersyukur karena staff konsumsi kerjanya cuma beli dan membagikan makanan ketika ada acara. Terus begitu sampe masa Staff berakhir dan seluruh anggota diganti oleh adik kelas.

Dan yang paling memorable juga di kelas 8 adalah gue sering jalan-jalan sama geng gue, naik motor (*Bukan Geng Motor). Ya, gue gak punya SIM, tapi gue udah berani bawa motor jauh-jauh. Tapi, jauh-jauh nya bukan ke daerah kota, tapi ke daerah pegunungan, pegunungan wanita. Enggak-enggak, jangan mikir aneh-aneh deh. Karena kalo ke daerah kota banyak polisi , jadinya cuma berani ke daerah perdesaan. Tapi emang seru kok, gue jalan-jalan naik motor udah ke gunung pangalengan,ciwidey, dan puntang. Disitu daerahnya asri banget, udaranya sejuk, dan enak aja kalo main kesitu. Perjalanan dari rumah gue kesana kurang lebih 1,5 jam. tergantung kemacetan dan kumpulnya geng gue.

Banyak banget pengalaman gue waktu kelas 8, sayangnya gue capek ngetik dan kasihan kalo lo bacanya lama-lama.

Dan sampailah gue di kelas 9. Gue dapet kelas 9C, dan ketemu lagi sama Adam, Alfath, Alfi dan Sofyan. Gue duduk di samping Sofyan di meja kedua depan meja guru. Di kelas 9, gue udah putus sama pacar, dan mulai fokus belajar, gak ada touring atau kumpul-kumpul gak jelas lagi seperti kelas 8. Dan sobat gue Adam saat itu jadi rival gue dalam belajar karena kita sama-sama punya tujuan yang sama.

Gue mulai cari bimbel, dan cari buku-buku UN. Karena gue pengen dapet nilai UN memuaskan dan masuk negeri favorit yang gue impikan yaitu SMAN 3 Bandung. Ya, gue bener-bener serius saat itu, sampe-sampe gue rela jadi jomblo. Kenapa gue pengen ke SMA , gak melanjutkan ke Pesantren? Sebenarnya gue juga ingin melanjutkan ke pesantren lagi, supaya ilmu agama gue jadi mastah. Tapi, dilihat dari kualitas belajar, gue kurang suka karena kurangnya saingan. Gue paling semangat belajar kalo ada rival. Sebaliknya, gue males belajar kalo gak ada rival (baca: saingan).

Meskipun gue mau melanjutkan ke SMA, gue tetep akan belajar agama seperti yang diamanahkan oleh kepala pesantren di sekolah gue. Alhamdulillah di kelas 9 semester 1 gue dapet juara 1 kelas,disusul oleh rival-rival gue yang lain Adam ranking 2, dan Farhan ranking 3. Di kelas gue yang satu ini anak pintar didominasi oleh laki-laki, karena perempuan hampir semua gak ada yang jomblo.

Kelas 9 menjadi kelas yang unik menurut gue. Disana ada murid yang namanya Robi, dia adalah orang yang kalo gak ada dia kelas gak bakalan seru karena dia orangnya, ahh sudahlah. Banyak teman gue yang di kelas 9 sekarang jadi sobat gue juga, ada Farhan, Dimas dkk.

Semester 1 selesai , dan mulai lah semester 2. Karena gue capek ngetik lo bisa baca kesibukan gue dan teman-teman gue disini. Itu adalah blog geng gue yang sekarang udah gak aktif, dan jadi blog percobaan template blog gue ini.

Setelah itu, negara api menyerang. Maksud gue, ujian menyerang. Dimulai dari TO, UM (Ujian Madrasah), UAP (Ujian Akhir Pesantren) dan yang jadi bom nuklir yaitu UN. Untuk TO awal gue dapet nilai gak memuaskan yaitu 318.0 disusul TO kedua gue cukup memuaskan yaitu 347.5.

Oh ya, gue juga ikut bimbel, nama bimbel gue Sydney College. Emang sih, bukan bimbel terkenal, karena jaraknya yang deket dari rumah, dan meskipun gak terkenal tapi lulusan nya bagus-bagus, makanya gue masuk kesitu. Gue ditemani Adam, Alfath, Rizky, dan Ananda masuk bimbel itu. Setelah masuk bimbel, Alhamdulillah prestasi gue meningkat, mulai dari kecepatan gue ngerjain soal Matematika, kelancaran gue nerjemahin bahasa inggris, dan masih banyak lagi yang gue rasakan berkat gue masuk bimbel. Salah satunya gue dapat juara kelas yang sebelumnya gue jarang-jarang dapet.

Gue bener-bener optimis masuk ke SMAN 3 Bandung karena nilai-nilai TO gue baik banget, apalagi yang di Bimbel, gue bisa dapet 37 - 38. Gue ngejar target NEM 38 karena passing grade tahun sebelumnya adalah 37.95. Gue terus belajar siang malem untuk meningkatkan kemampuan gue dan menambah kepedean gue dalam menghadapi UN. Gue juga ditemani oleh Zenius ketika belajar sendiri di rumah.

Skip, UN pun di mulai. Hari pertama pelajaran Bahasa Indonesia, gue lancar mengerjakan soal. Hari kedua Bahasa Inggris gue makin optimis aja karena ngerasa betul semua. Hari ketiga Matematika, gue lancar ngerjain soal, tapi saat ujian Matematika ini, ada 1-2 soal yang sebelumnya belum pernah gue pelajari. Padahal semua SKL (baca: kisi-kisi) Ujian Nasional udah gue pelajari. Entah datang dari mana datangnya soal ini, bisa jadi dari Venus. Jadi gue tebak-tebakan aja. Dan hari terakhir yang bikin gue down adalah IPA, sebetulnya ini yang bikin gue belajar keras siang malem, tapi pas kebagian soal, sialnya apalagi di bagian biologi, gue hampir 50% soal biologi, gak pernah tau apa jawabannya. Sama seperti Matematika, gue udah mempelajari semua SKL tapi anehnya ini soal datang dari mana. Akhirnya di hari terakhir gue jadi down dan jadi gak percaya diri lagi dapet NEM 38.

UN pun selesai. Gue dan teman-teman geng langsung party bikini. Enggak lah mana mungkin gue begitu. Sebelum hari kebebasan kelas 9, gue memang sudah menyiapkan apa-apa yang harus gue lakuin ketika libur. Mulai dari namatin game, nonton anime, nonton film, baca buku, baca manga, dan masih banyak lagi. Sayangnya, libur yang gue harapkan tidak sesuai dengan harapan gue. Nyatanya gue cuma nganggur doang di rumah, kegiatan yang disusun cuma berlangsung kurang dari 1 minggu. Selepas itu gue nganggur full, cuma nunggu buat dibagi hasil NEM.

Skip, tanggal 10 juni tiba. Hari yang paling di tunggu-tunggu oleh seluruh kelas 9 di Indonesia. Dan, apa yang gue usahakan selama 3 tahun hanya ditentukan oleh hasil ini. Dan sayang banget,sayang banget. Sesuai dugaan gue sebelumnya, gue gak bakal dapat NEM 38, gue cuma dapet 321.0 aja. Sedih, Marah, Kzl, Bangga semua campur aduk. Gue bangga karena gue dapet NEM tertinggi di sekolah gue. Iya, di sekolah gue yang paling tinggi cuma dapet 32 aja, yaitu gue. Tadinya gue ingin banget bawa nama sekolah gue karena tadinya gue yakin dapet NEM gede. Sayang sekali.

Dapat NEM cuma segitu, mimpi-mimpi gue kandas semuanya. Dan setelah itu gue baca buku #TETOT dan dapat pencerahan dari Pak Ridwan Kamil. Yang tadinya gue down, sekarang jadi semangat lagi (*BukanBerkatMijon). Banyak quotes yang bikin gue jadi pede lagi. Dan juga soal masalah sekolah, gue udah gak memperdulikannya lagi. Gak penting dimana gue sekolah yang penting gue harus berprestasi. Akhirnya gue memutuskan untuk sekolah di sekolah paling deket rumah gue yaitu SMAN 1 Baleendah. Sekolah ini tergolong sekolah paling favorit di kabupaten. Gue berharap banyak saingan di sekolah ini supaya gue terus semangat belajar.

Itulah kisah gue menjadi seorang 'santri'. Sebetulnya post ini gak terlalu memusatkan nama santri, tapi hanya pengalaman gue menjadi santri. Dan sekarang tugas gue belajar di pesantren sudah selesai. 
*Disini mungkin harus formal bahasanya.
Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk guru-guru di pesantren. Ust. Dadi yang selalu mengingatkan tentang batasan-batasan agama, kepada Ust. Iis yang buat saya semangat ngerjain soal Matematika, kepada Ust. Ade yang memotivasi untuk mempelajari Al-Qur'an, A Saeful yang sering sering cerita masalah-masalah agama dan semua guru yang sudah mengajarkan saya dengan ikhlas dan sabar. Dan juga untuk guru bimbel Mrs. Iis, Pak Ade, Pak Yana, dan Bu Chika , terima kasih banyak sudah membantu saya meningkatkan prestasi-prestasi saya, dan selalu menyemangati saya dalam belajar. Siapa tau ada guru yang baca ini.

Dan terakhir buat sobat-sobat gue Adam, Alfath, Fadhlan, Sofyan, Rizky, Farhan, Dimas, Fahmi, Dika, Fahreza, Alfi, Ananda, Riril, Reza, Nurul dkk semua. Terima kasih banyak kalian udah jadi teman gue. Dan buat yang baca juga gue ucapkan terima kasih banget karena udah buang-buang waktu untuk baca tulisan versi gue ini. Udah, tangan gue udah pegel ngetik ini itu.
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

2 komentar :