FarapaNotes
Home » » Cerita Tentang Bisnis

Cerita Tentang Bisnis

Written By Fazrin RP on Kamis, 25 Februari 2016 | 19.58.00

Bisnis? pernah gak sih terbenak dalam pikiran lo kalo lo mau berbisnis suatu saat? Awalnya gue sendiri gak pernah kepikiran untuk berbisnis dari sejak kecil karena gue beneran gak berani (baca: malu) untuk berdagang. Tapi, sejak gue kelas 8 SMP gue mulai kepikiran buat mulai bisnis. Itupun bukan niat gue, melainkan niat temen gue yang pengen punya penghasilan sendiri dan gak mau terus merepotkan orang tua.

Saat itu gue bersama 6 temen gue kepikiran untuk berbisnis baju, semacam baju distro dengan label/merk kita sendiri. Kita patungan uang sebesar Rp.100.000 dan ada sebagian orang yang nyumbang lebih untuk modalnya. Karena tidak punya ilmu dan pengalaman, kita asal action langsung kumpulin duit dan beli baju polos. Hampir sebesar Rp.500.000 kita habiskan untuk membeli 1 lusin baju polos. Rencananya sisa uang akan kita gunakan untuk sablon baju. Untuk desain, gue sendiri yang desain dan udah punya banyak desain untuk kaos yang akan kita sablon. Nah alhasil karena kita asal action, akhirnya kita gagal karena baju polos tersebut gak bisa disablon sesuai yang kita mau karena untuk sablon tidak bisa menggunakan baju polos langsung, harus dari kain yang belum jadi kaos. Akhirnya apa? Baju polos itu gak bisa kita apa-apain melainkan dijual lagi. Tapi sayangnya gak ada yang berani jual langsung, kita cuma jual ke beberapa temen deket kita doang. Itupun tersisa masih banyak. Akhirnya baju itu kita bagi-bagi dan bisnis kita pun gagal.

Setelah kejadian itu gue gak berani lagi berbisnis karena takut rugi. Namun, setelah gue menginjak kelas X SMA, gue bersama teman-teman SMA pun punya rencana buat berbisnis lagi. Awalnya gue ragu-ragu, tapi karena temen-temen mengharapkan gue dan gue udah punya pengalaman dalam kesalahan berbisnis akhirnya gue gabung, dengan tujuan memperbaiki pola pikir gue tentang bisnis dan mencoba untuk berhasil dalam bisinis. Dan saat itupun gue berbagi pengalaman bisnis gue waktu di SMP. Karena dalam bisnis itu harus ada ilmunya, maka kita semua belajar dulu gimana caranya bisnis dengan baik dari buku, website, dll.

Jadi saat SMA ini gue gak langsung patungan duit seabrek kaya dulu, gue dan temen-temen mengumpulkan modal dengan menabung yang awalnya menabung sebesar Rp.5.000 per harinya. Jadi kita buat komitmen untuk menghemat agar modal terkumpul dengan cepat. Oh ya, btw kita yang berbisnis ini berjumlah 8 orang, dan kita berniat untuk berbisnis baju. Target awal kita adalah menabung sampai 2 bulan sehingga dapat terkumpul modal yang cukup besar. Setiap harinya kita rutin menabung, sampai akhirnya pada bulan kedua kita udah mulai nawar-nawar. Akhirnya program menabung kita di stop karena udah banyak yang gak bayar.

Tapi kita gak selesai disitu. Saat itu kita semua cari cara lain supaya dapat modal untuk memulai bisnis baju kita. Ada yang berpendapat untuk jualan makanan, ada yang berpendapat jualan merchendise SMA, bahkan ada yang berpendapat untuk bercocok tanam dan hasilnya dijual. Namun yang terpilih adalah pendapat gue, yaitu jualan merchendise SMA seperti stiker, gantungan kunci, dsb.

Karena gak berani langsung buat merchendise, akhirnya kita sepakat untuk membuat stiker kelas kita dulu buat coba-coba. Akhirnya kita pun langsung mendesain stiker dan mencari tempat pembuatan stiker terdekat. Setelah kita dapet tempat pembuatan stiker langsung aja kita buat stikernya disana. Gak disangka-sangka ternyata hasil printnya gak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Karena itu, yang awalnya kita memesan 6 lembar stiker kertas F4 kita batalkan dan hanya membuat 4 lembar (1 lembar F4=16 stiker). Semua itu dibayar dengan modal sebesar Rp.48.000.

Keesokan harinya, gue dan temen-temen langsung jual stikernya. Alhamdulillah, gak disangka-sangka lagi, ternyata stiker kita laku. Hingga beberapa hari kita sudah bisa mendapatkan uang sebesar Rp.1xx.xxx dari hasil penjualan stiker itu. Meskipun sedikit, tapi bila di perhitungkan maka keuntungan bisnis kita itu lebih dari 100%. Dan senangnya lagi, kita dapet orderan dari kelas tetangga yang pengen punya stiker kelas juga.

Seneng banget rasanya bisa dapet uang dari apa yang telah kita semua kerjakan. Dan kedepannya kita mau buat merchendise SMA, dan setelah terkumpul banyak maka kita akan memulai tujuan utama kita, yaitu berbisnis baju. 

Ya, hanya segitu aja cerita bisnis gue, masih cetek bangetkan. Maksudnya gue share cerita gue ini, gue mengajak lo semua untuk berani berwirausaha. Nah buat lo yang pengen mulai bisnis, jangan takut gagal. Dan buat yang gak berani berbisnis, lo harus pikir-pikir lagi deh.

Sedikit tips nih dari gue untuk pebisnis muda yang belum pernah sama sekali terjun ke dunia bisnis. Untuk bisnis awal, lo coba deh bisnis kecil-kecilan dulu, jangan langsung pengen punya brand kaya gue dulu waktu SMP, gagal kan. Jadi yang namanya bisnis itu harus merintis dulu. Dan untuk modal, usahakan jangan langsung keluarkan semua duit lo, apalagi minjem. Yang terbaik adalah lo menabung untuk modal itu agar ketika lo rugi, lo gak terlalu merasa terbebankan oleh kerugian itu. Dan inget, jangan asal action, karena kesalahan terbesar dalam berbisnis itu adalah asal action. "Udah langsung aja terjun, jangan banyak mikir kalo berbisnis" Itu adalah mindset asal action yang salah besar. Dan jangan lupa untuk berdoa, karena dengan doa semua akan dilancarkan oleh-Nya.

*Sebagian besar 'tips' diatas gue dapatkan dari buku-buku dan blog bisnis yang gue baca, bukan berdasarkan pengalaman gue.

Oke segitu aja yang bisa gue sampaikan. Terima kasih untuk yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca. Dan doakan semoga bisnis gue bersama temen gue bisa berjalan dengan lancar dan bisa sukses.
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

21 komentar :

  1. Lah... gue kira Pengalaman lo? Terus, pengalaman lo sendiri yg mana?

    Bener, sih. Gue bukan mau sombong, cuman mau angkuh. Hahaha, enggklah. Intinya, gue tu udah lumayan lama di bidang Bisnis. Hampir 70% Jenis bisnis, udah gue jabanin. Sisanya 30% yg punya modal di atas miliaran. Gak sanggup gue.

    Bener kata lo, kalo mau memulai bisnis. Jangan terlalu Pikirkan "GAGALNYA" Tapi "PROSESNYA." Gue begitu menyebutnya. Jadi, ketika mengalami ketidaksinambungan Output dan Input, serasa tenang aja. Karena udah tau cara mengatasinya.

    Tapi, kalo dari awal udah ragu. Mending gak usah sama sekali. Karena, ada yg bilang : Bisnis itu, dekat dengan kepercayaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu semua pengalaman saya. Yang saya bilang bukan berdasarkan pengalaman saya adalah "tips" yang ada di bawah. Gitu hehe.

      Bener banget tuh bisnis itu dekat dengan kepercayaan. Gue setuju banget

      Hapus
  2. Hebat ya udah bisa bisnis pas sma
    Pernah sih nyoba bisnis contekan di sma
    1 jawaban itu harganya gope
    Coba bayangin kalo ada 40 soal pas ulangan dikalo gope berapa tuh? 20 ribu ya
    Nah itu untuk satu anak
    Misalnya di kelas ada 30 anak
    Berarti 30 x 20ribu maka hasilnya 600ribu
    Mayankan
    Sayang
    Anak2 ga ada yg percaya sama jawaban gw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk kreatif banget lo! tapi bisnis nya gak menguntungkan banget ya wkwkwk.

      Hapus
  3. Cielah bisnis clothing. Gue juga pernah. Gagal. Parahnya lagi gue sendirian, jadnya rugi banget. Tapi gue bingung, kenapa gue gak kapok. Akhirnya gue buka bisnis clothing lagi, dengan modal yang lebih besar. Kemaren sempet jalan sebentar, tapi gu setop dulu. Karena sibuk nge-blog plus kuliah. Bego banget dah gue. Pengen bisnis tapi gak punya waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari buku yang gue baca, kalo bisnis itu gak boleh setengah-setengah. Sayang banget tapi mungkin bisa diusahakan lebih baik lagi kedepan wkwkwk. Thanks ya udah mampir

      Hapus
  4. Widih, keren nih, ada entrepreuner muda ceritanya, bener apa kata lo, jangan pengen dapet brand yang gede, nikmatin aja prosesnya dulu, sisanya ya usaha dan doa. Good.

    Thanks udah maen ke blog gue ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mudah-mudahan bisa dilancarkan hehe. Makasih juga nih udah mampir kesini.

      Hapus
  5. Wah keren XD, tapi jangan lupa ya sob tujuan yang paling penting dalam berbisnis adalah memuaskan dan bermanfaat bagi pelanggan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, kita harus bermanfaat bagi orang lain. Thanks ya

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Wah sob, musti niat bener klo gitu mah

    BalasHapus
  8. Wuiihh keren baru kelas 1 SMA udh kepikiran buat bisnis buka distro, moga lancar gan bisnisnyaa, moga pengalamannya banya, tapi awas tuh kelilit utang, apalagi kalo bukan single fighter, orang itu jadi sensitive kalo udah nyangkut masalah uang, semoga gak ada kendala dan modal kecil untungnya besar aja gan...

    BalasHapus
  9. Coba dong di share design stikernya, gua pengin banget liat.

    BalasHapus
  10. Gue udah bisnis dari SD. Dan alhamdulillah sih belum pernah ada yang gagal walaupun ganti-ganti. Saat stop bisnis yang satu, palingan karena sibuk studi. Kalo udah lowong, mulai lagi bisnis yang lebih fleksibel. Sekarang bisa survive dari SMA sampai kuliah semester 6 ini dengan biaya sendiri. Senang sekali. Kamu keep fighting, ya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih hebat udah dari SD.
      Iya makasih banyak :D

      Hapus
  11. Beruntung lo dapat memulai bisnis lebih awal. Gue mulai waktu kuliah, ya meskipun berjalan tapi gue nggak tahu bisnis gue itu rugi / nggak, lah ngitung laba aja bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, itu dia makanya, bisnis perlu ilmunya juga. Gpp kalo masih merintis, masih ada waktu buat belajar

      Hapus