FarapaNotes
Home » » Exclusive at Ramadhan

Exclusive at Ramadhan

Written By Fazrin RP on Sabtu, 25 Juni 2016 | 14.04.00



Bulan Puasa, ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, terutama orang Indonesia. Kenapa enggak? Banyak hal yang seru yang dirasain bukan hanya oleh orang muslim bahkan non-muslim pun merasakan hal yang sama. Oke gue bakal ngejabarin hal-hal seru yang pasti kalian juga rasa di bulan puasa ini, dari permainan, dan makanannya.

Oke, yang pertama ini adalah permainan-permainan yang (hanya) ada di bulan puasa.

#1. Tamiya

Siapa yang gak pernah main ini? Tamiya ini seru banget buat dimainin di bulan puasa, banyak banget pedagang tamiya dadakan yang biasanya suka nyediain tracknya. Pedagang tamiya itulah yang biasanya paling laris dibanding pedangan makanan. Karena pembelinyapun gak tanggung-tanggung apalagi kalo buat modif-modif tamiyanya yang bisa sampe ratusan ribu. Gue pun pernah ngalamin masa dimana gue ngabisin duit banyak buat tamiya. Ya seru banget lah pokoknya.

#2. Monopoli
 



Ga cewek ga cowok pasti dah pernah main ini. Apalagi kalo bulan puasa paling pas banget waktunya buat main monopoli. Paling seru kalo udah punya banyak hotel dan punya kartu bebas penjara.

#3. Petasan
 


Ini dia yang menjadi ‘Top Most’ mainan anak-anak di bulan puasa, apalagi buat anak cowok. Betapa serunya saat ngejahilin orang pake petasan. Itu beneran seru lho, meskipun itu tindakan yang nakal. Tapi gue yang sekarang udah bisa dibilang dewasa, ketika gue inget kejadian itu gue seneng karena gue mengalami sesuatu yang gak mungkin bisa gue lakuin sekarang. Serius, kalo lo udah pernah jahilin orang pake petasan, masa kecil lo bahagia.

Nah mungkin itulah mainan yang kalo di daerah gue itu hanya ada disaat bulan puasa. Gue ga tau mungkin kalo di daerah lain beda ngoehehe. Tapi sayang banget, untuk sekarang perlahan permainan diatas itu udah mulai ditinggalkan. Sekarang aja adik gue malah kebanyakan main gadget buat ngisi ngabuburitnya. Udah tinggal segelintir anak yang main tamiya, monopoli. Kecuali petasan sih, kalo petasan masih lumayan banyak, apalagi kalo lagi sholat tarawih, anak-anak malah pada asyik main petasan.

Lalu yang kedua itu adalah makanan yang (hanya) ada di bulan puasa.

#1. Buah Blewah
 


Aneh gak sih? Kok tiap bulan puasa buah ini tiba-tiba booming, eh kalo bulan-bulan lainnya buah ini dicari malah gak ada. Ternyata setelah gue cari informasinya, buah ini hanya ditanam menjelang bulan puasa aja, bukan karena berbuahnya tahunan. Paling enak kalo buah ini di campur es kelapa muda dan sirup Marjan. Gak apa-apa deh sebut merk.

#2. Sirup Marjan
 


 
Nah anehnya lagi, orang-orang hanya beli sirup ini di bulan puasa aja. Benerkan? Jarang banget ada yang beli kalo gak bulan puasa. Sirup ini enak banget dicampur sama minuman-minuman kaya es kelapa, sop buah, dan lain-lain. Seger banget deh kalo buka sama ini.

#3. Kolak
Nah ini juga hanya ada di bulan puasa doang. Kolak pisang, kolak ubi, dan lain-lain. Paling pas dimanakan ketika setelah makan atau pulang tarawih ngoehehe.

#4. Keong a.k.a Tutut
 

Kalo dari tadi yang manis-manis. Ini yang asin dan salah satu yang hanya ditemukan di bulan puasa. Banyak sekali pedagang yang tiba-tiba jualan keong ini. Mungkin baunya kurang enak, tapi kalo dimakan enak banget. Yang belum coba, harus coba deh. Karena gak cuma enak tapi keong ini bergizi banget, kalo gak percaya cek gugel aja.

Nah itulah beberapa permainan dan makanan yang hanya ada di bulan puasa. Itu sih setau gue aja ya, gue gak tau kalo di daerah lain kaya gimana.

Gak cuma itu sih, biasanya suka ada bazar/pasar dadakan. Ya, maka dari itu bulan puasa itu adalah bulan yang paling seru dibanding bulan-bulan lainnya. Semua orang pasti ngerasain yang sama. Dan jangan lupa, di bulan yang penuh berkah ini jangan cuma banyakin main dan makan doang, yang paling utama itu adalah perbanyak ibadah. Oke sekian dari gue makasih buat yang udah nyempetin baca, mungkin kalo ada masukan dari daftar hal-hal yang hanya ada di bulan puasa bisa komen dibawah. Wassalamu’alaikum!

 




SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

8 komentar :

  1. bulan ramadhan ini memang eksklusif dan menyenangkan banget ya. bahkan ada permainan dan makanan yang eksklusif sering ditemui di bulan ramadhan. kalau yang paling sering dari segi permainannya sih tentu petasan ya. entah kenapa kalau bulan puasa ini malamnya pasti rame anak kecil yang main petasan. ya, mungkin mereka sambil begadang kali ya.

    kalau makanan sih kolak sama blewa itu juga khas banget di bulan ramdahan. apalagi sirup marjan yang selalu menjadi ikon iklan di telecisi ketika bulan ramadhan.

    BalasHapus
  2. Ramadan memang selau spesial sih. Oleh karena itu, ada aja sesuatu hal unik atau sesuatu yang ditunggu dari bulan ini. Mulai dari permainan-permainan yang untuk sekadar membuat lupa kita akan waktu karena keasikan. Petasan yang nanti di penghujung ramadan ini biasanya puncaknya haha. Sampai takjil berupa kolak dan blewah. Euh, jadi mau buka. Adzan maghrib sekarang, boleh? Hehehe. Ah, kalau sirup marjan mah jauh hari sebelum masuk Ramadan juga udah puasa duluan mereka. Lebih dulu dari siapa pun wkwkwk.

    Kali pertama ku mampir kesini. Salam kenal!
    Followers baru ke-14 dapet apa nih? Hahaha.

    BalasHapus
  3. Yang gambar makanannya bisa disensor aja nggk ? hehehe.. berat nih godaanya, tapi yang nomer 4 tuh kayaknya aku belum pernah makan hehe, kalo aku dulu musim mainan tamiya itu waktu musim habis lebaran, biasanya kan habis lebaran anak-anak dapet banyak duit, angpao dari keluarga-keluarga yang ngumpul pas lebaran, nah jadi tuh pada ngebeli tamiya tamiya baru, jadi keinget jaman-jaman masih maenan tamiya hehe

    BalasHapus
  4. Untung aku blogwalkingnya pas sahur jadi biasa aja. Lain halnya kalo besok siang hahaha. Harusnya di tambahin satu lagi tuh warung warung makan berkelambu. Itu juga khas ramadan. Aku suka geli aja gitu, kalo pas berhalangan puasa, mampir ke warung makan, eh isinya mayoritas kaum pria. Kadang curiga aja gitu, apakah mereka semua non islam? Ataukah islam yang.... Ahsudahlah

    Dan yang paling mangkeli adalah petasan, apalagi kalo lagi enak enak naik motor dilempari. Beh, pengen yumpah serapah rasa rasanya

    BalasHapus
  5. Sirop... opor ayam.. nastar.. biasanya kalau lebaran menu2 asik tuh. gue biasanya dikasih tetangga gue sih, hohoho. gue lupa, gimana rasanya main tamiya, entah udah berapa abad gue nggak menyentuh mobil itu :")

    BalasHapus
  6. Dulu sih gue sering main petasan disaat abis buka puasa (pas mau taraweh) dan pas subuhan. Berbagai macam petasan dulu gue mainin, dan ada kejadian yang menyeramkan, dulu adek temen gue tangannya jadi membiru gitu akibat lama2 megangin petasan yg ujungnya udah dibakar -_-. Hmm tapi sekarang udaj jarang sih main petasan mengingat umur juga sih.

    By the way, blewah mirip melon-_-

    BalasHapus
  7. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus
  8. Mohegan Sun - Mens Titanium Wedding Band - TITIAN ARTIST
    Mohegan Sun. micro touch titanium trim We offer wedding services and titanium paint color wedding ecm titanium events in Uncasville, CT. titanium nitride gun coating Get ready for our 출장안마 exciting wedding and ceremony arrangements.

    BalasHapus