FarapaNotes
Home » , » So Far Away

So Far Away

Written By Fazrin RP on Senin, 11 Juli 2016 | 12.57.00

"Liat! Gue pergi dari tengah pulau Jawa sampai ke tepinya"
Jauh dari rumah. Hal yang selalu gue inginkan, khususnya untuk pergi ke tempat yang gak pernah gue kunjungi sebelumnya. Gue punya impian untuk pergi ke luar negeri, tapi sayangnya belum terwujud. Tapi, beberapa hari yang lalu gue udah pergi jauh dari rumah ke tempat yang belum pernah gue kunjungi sebelumnya.

Orang-orang berlibur atau mudik di liburan yang panjang ini. Karena gue kampungnya deket, jadi gue gak bisa disebut mudik. Tapi setelah selesai lebaran, gue memberanikan diri berlibur dengan temen-temen gue ke tempat yang sangat jauh, yang biasanya kalo jauh gue selalu ditemani oleh keluarga. Yap, gue bersama temen-temen gue pergi dari rumah gue yang berada di daerah Baleendah Bandung ke Pantai Jayanti yang ada di daerah Cidaun. Awalnya gue itu berencana untuk pergi ke Lembang. Ya kalo Lembang kan deket, tapi temen gue bilang “tanggung, meningan ke pantai aja, Ranca Buaya” katanya. Ya udah deh, mumpung liburan masih panjang, dan gue belum berlibur dengan sebenar-benarnya, ya akhirnya kita berangkat.

Kita berangkat dengan 2 motor, gue dengan satu temen gue, satu lagi temen gue sama pacarnya. Sialan, gue sama laki, tapi gak apa-apa lah yang penting liburan. Nah kira-kira kita berangkat sekitaran jam 10 pagi. Saat awal-awal jalan lumayan lancar. Kita lewat rute Ciwidey, karena itu emang jalan paling deket untuk ke sana. Sesuai dengan apa yang kita duga, ternyata di Ciwidey macet, parah banget macetnya panjang. Gue yang biasa ke sana cuma 1 jam, sekarang sampe 3 jam. Setelah melewati macet akhirnya gue melewati jalan yang cukup sepi, berkabut, dan bisa dibilang cukup mengerikan. Lo tau gak Silent Hill? Nah kaya gitu jalan saat itu. Ya tapi gue biasa aja, karena masih banyak juga yang lewat. Tapi beberapa kilometer kemudian, jalan mulai sepi, sesepi hati ini. Sumpah ngeri banget jalanna, gue ragu saat itu, jadi pengen pulang.

Gimana gak ngeri coba, cuaca yang mendung, berkabut, hujan rintik-rintik, sepi, dan kanan-kiri itu hutan. Dan lagi, gue hanya ber-empat. Tapi, kalo balik lagi tanggung dan sayang banget, apalagi gue udah bikin status BBM “OTW Ranca Buaya”. Akhirnya gue dengan teman gue memberanikan diri untuk meneruskan perjalanan. Tapi beberapa kilometer kemudian, sekitar jam 2, pacarnya temen gue minta pulang. Karena permintaan pacar, pasti temen gue mau aja. Akhirnya mereka pulang di tengah jalan. Yakali gue balik lagi, karena kalo setengah-setengah meningan gak usah sekalian, gue lanjut. Jadi kita hanya berdua. Jalan makin lama makin ngeri, belokan tajam, tanjakan, hujan yang makin deres. Ampun gue takut banget, apalagi gue liat ada mobil yang kejungkir balik di jalan. Tapi beneran tanggung kalo balik lagi karena tinggal beberapa kilometer lagi.

Setelah melewati jalan yang mengerikan itu, akhirnya gue melewati desa-desa yang bikin gue jadi tenang. Setelah satu jam kemudian, akhirnya gue udah bisa melihat lautnya. Dan akhirnya saat kira-kira jam 3, gue sampai di salah satu pantai, yaitu Pantai Jayanti. Karena kalo ke pantai Ranca Buaya jauh lagi, dan makan waktu lebih lama, akhirnya gue dan temen gue memutuskan untuk ke pantai itu aja, yang penting pantai.

Yess! Akhirnya gue sampe juga. Gue sampe disana kira-kira jam setengah 4 sore. Tiket masuk disana hanya Rp. 2.000 aja/per-orang. Pantainya bagus, banyak batu karang, dan biasanya kalo banyak batu karang gak boleh berenang, dan emang gak boleh berenang disana. Dan enaknya kalo disana itu pantainya cukup bersih, karena jarang banyak pengunjung. Tapi sayang banget saat itu disana cuacanya mendung, jadi gak bisa liat indahnya langit pantai, tapi gak apa-apa yang penting bisa difoto di pantai. Gue disana foto-foto sebentar mungkin setengah jam, setelah itu makan bakso yang ada disana. Kalo bakso disana, mie nya unik banget, kenyal dan enak pokoknya. Setelah makan gue sholat. Setelah sholat gue berencana pulang. Sialnya saat pulang turun hujan yang cukup deras, tapi gue paksain pulang karena takut kemaleman, gue pulang sekitar jam setengah 5. Kembali memberanikan diri melewati jalan yang tadi.

Entah kenapa, saat gue pulang meskipun melewati jalan yang tadi, gue merasa lebih tenang, dan gak setakut tadi. Dan untung sekali, ada konvoi motor yang sama-sama lewat sana juga, akhirnya gue ikutan supaya gak kesepian. Tapi sayangnya cuma sebentar, soalnya konvoi itu berhenti, tapi gue masih ada yang nemenin, yang sama-sama menuju Bandung. Gue menuju jalan tadi yang semakin gelap karena udah hampir jam 6 sore. Semakin malam, semakin gelap, dan semakin menakutkan. Tapi entah mitos atau apa, pasti lo juga ngerasain, kalo pulang itu terasa lebih cepat daripada perginya. Gue beneran ngerasain itu, tiba-tiba sampe sini, sampe sini, akhirnya gue sampai di tempat yang ramai, Ciwidey. Gue sampai disana sekitar jam setengah 7 malam. Konyol banget, disana macet panjang, parah banget, untung gue naik motor, kalo naik mobil entah kapan sampai dibawah. Gue liat yang naik mobil pada pasrah gitu, gak maju sama sekali. Mereka malah pada keluar dari mobil, ada yang jalan, dsb. Gue pengen banget ngatain mereka hahaha.

Setelah beberapa jam kemudian akhirnya gue sampe di Soreang, hampir sampai, tapi masih jauh. Sampainya jam setengah sembilan malam, akhirnya gue sampai, di rumah temen gue. Gue belum sampe rumah. Tapi deket kok, tinggal 10 menit akhirnya gue sampai di rumah. Yay!

Apes pas sampe rumah, gue dimarahi mamah gue.

Oke, itu aja basa-basi gue. Jadi ceritanya, ini adalah perjalanan terjauh gue tanpa orang tua. Makanya gue dokumentasikan dengan tulisan ini, supaya gue selalu ingat dengan pengalaman ini. Ya, buat kalian, yang gak berani jauh dari rumah ... harus berani deh, apalagi kalo udah gede. Eh btw umur gue ini 16 tahun, belum punya SIM tapi udah jauh-jauh. Sebenernya sih gak boleh ditiru. Tapi ya, pokoknya banyak lah yang bisa lo dapetin dari perjalanan panjang kaya gini, gak sebatas liburan. Kepercayaan lo terhadap temen akan meningkat, lo juga akan jadi orang yang pemberani, dan masih banyak lagi. Tapi tetep, utamakan keselamatan.

Sekian aja bacotan gue, terima kasih banyak buat yang nyempetin baca. Salam!

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.