FarapaNotes
Home » » Gak Bakat Vokal

Gak Bakat Vokal

Written By Fazrin RP on Kamis, 26 Mei 2016 | 10.33.00


Vokal, gue beneran gak pernah kepikiran banget buat nampilin vokal gue, apalagi ikutan lomba. Tapi kali ini gue dapet pengalaman yang bener-bener gak terduga. Ya, sesuai judul, gue ikutan lomba vokal. Lomba vokal yang gue maksud disini bukan nyanyi tapi acapella. Oke jadi gini ceritanya.

Pada suatu hari gue yang lagi olahraga di sekolah tiba-tiba dipanggil oleh kakak kelas gue untuk datang ke mesjid sekolah. Gue bersama teman gue langsung pergi ke mesjid untuk mengetahui apa yang mau dia bicarain. Saat sampai disana, ternyata dia ngajak kita untuk ikutan lomba nasyid. Gue kaget karena sebelumnya gak tau sama sekali tiba-tiba diajak dan lombanya dimulai besok. Gue beneran kaget, pengen banget buat nolak. Cuma gak enak sama kakak kelas yang ini soalnya dia baik banget, dan bisa dibilang dia udah kasih gue kesempatan untuk mencoba hal baru, tapi ya gue belum siap aja saat itu. *Gue saat itu emang lagi bosen banget dan pengen coba hal baru.

Awalnya gue disuruh untuk beatbox, tapi karena temen gue yang satu juga beatboxer dan lebih jago dari gue, jadi dia yang kepilih, karena kalo beatboxnya lebih dari satu bisa acak-acakan beatnya. Akhirnya gue dipilih untuk acapella. Lo tau kan acapella itu apa? Kalo gak tau ya cek aja gugel gue males buat jelasinnya. Nah saat itu pun gue kaget lagi. Ya iyalah, orang vokal gue ampas banget + gue belum pengalaman di dunia vokal + gue gak suka nyanyi = gue bener-bener pengen nolak. Gue emang udah bilang nolak. Tapi kakak kelas gue ini bilang “Udah latihan dulu aja”. Gue bingung setengah mati, mau kabur gak enak, mau ikutan sama gak enak. 

Akhirnya datanglah seseorang, dan dialah pelatih nasyid kita. Lalu kita mulai latihan. Baru aja beberapa menit, gue udah gak nyaman dan pokoknya perasaan gue udah gak enak. Ternyata bener, suara gue emang gak memungkinkan. Gue kira gue akan dikeluarkan dan diganti, gue udah seneng. Ternyata gue masih dipake tapi di nada yang rendah, alasannya adalah karena gak ada waktu lagi buat cari orang. Ya udahlah, nasi sudah menjadi bubur. Akhirnya gue ikutan, dan latihan.

Gue bener-bener gak nyaman saat itu. Ya karena gue gak pede sama suara gue, dan gue harus tampil untuk lomba. Gak kebayang lah gimana rasanya. Gue latihan terus menerus dari pagi sampe maghrib. Saat itu pun pelatih gak yakin sama kita, Cuma ya, kita berusaha aja.

Keesokan harinya gue berangkat jam setengah 6 pagi menuju sekolah. Setelah di sekolah gue bersama teman-teman menyempatkan dulu untuk latihan. Saat setengah 7 pagi, kita langsung berangkat ke tempat lomba. Di perjalanan pun kita sempatkan untuk latihan.
Setelah sampai di tempat lomba, kita ikut dulu acara pembukaan di aula. Acara pembukaannya bisa gue bilang garing. Beneran, ya gak perlu dijelasin lah ya. Setelah itu gue langsung menuju ke tempat lomba nasyid. Beberapa saat kemudian kita dapet giliran ke-2. Setelah beberapa menit kemudian, dipanggillah peserta yang mendapat giliran pertama, karena tidak muncul-muncul, akhirnya kita duluan yang tampil. Sumpah, saat itu gue beneran gerogi. Bukan apa-apa, gue emang gak pede kalo harus nyanyi, beda lagi kalo pidato, presentasi, dsb. 

Lha ini nyanyi, dari kecil gue selalu menghindar, tapi saat ini ya apa boleh buat. Akhirnya kita kedepan dengan keoptimisan, kecuali gue. Saat kedepan, jantung gue berdebar, gue beneran gak yakin, lalu kita semua memegang mic. Dan lucunya, karena gue kebiasaan beatbox, gue megang mic kaya yang mau beatbox bukan mau nyanyi, gue lupa dan refleks aja pegang mic kaya gitu. Hasilnya, suara gue yang paling kenceng, dibanding vokal yang lainnya.

Kita menyanyikan 2 buah lagu. Lagu pertama gue bilang kurang bagus, tapi lagu kedua untungnya cukup bagus. Setelah selesai, rasanya legaa banget. Gue berasa udah dipenjara bertahun-tahun dan keluar langsung berada di pegunungan, seger banget. Hati gue udah plong, pikiran gue udah gak ada beban lagi. Yang gue pikirkan saat itu “Mau menang syukur, mau kalah gak apa-apa, yang penting gue udah tampil”. Dan setelah itu, kita semua liat penampilan dari sekolah-sekolah lain. 

Dan hasilnya, ternyata bikin kita pesimis. Ternyata sekolah-sekolah lain jauh lebih bagus dari kita. Mereka beneran bagus banget, gak keliatan gerogi apalagi kepaksa.  Gue jadi tambah pesimis buat menang. Setelah beberapa penampilan, semua aktifitas lomba istirahat dulu menjelang sholat dzuhur. Saat jam 1 siang, lomba dilanjutkan dengan penampilan dari salah satu SMA. Dan bisa gue bilang, ini penampilan terbaik, keren banget. Mereka cuma berempat, sedangkan kita delapan orang. Tapi gila, mereka beneran dapet banget lagunya.

Itu bikin gue tambah tambah pesimis lagi. Tapi ya, kalo kalah pun udah gue terima dari awal. Setelah semua penampilan selesai, gue pergi ke kantin untuk makan siang, dan sedikit jajan-jajan. Setelah itu gue jalan-jalan ke luar bersama temen gue untuk sekadar refreshing, karena bete banget diem di dalem.

Setelah itu gue kembali, dan beberapa saat kemudian turun hujan yang cukup deras. Skip. Akhirnya pengumuman lomba pun di umumkan. Dan sesuai dugaan gue dari awal, ternyata kita kalah. Gue hanya bisa tersenyum. Beberapa temen gue kecewa sampe merasa sedih, beda dengan gue. Gue terima, dan gue berniat gak akan ikutan lagi lomba vokal.

Seperti biasa, tulisan gue gak ada manfaatnya buat kalian baca. Tapi kalian bisa ambil pelajarannya, kalo merasa kepaksa melakukan sesuatu meningan gak usah sekalian. Jangankan kepaksa, biarpun kalian pede tapi kalo cuma setengah-setengah itu bakalan percuma. Jadi lakukanlah semaksimal mungkin, jangan setengah-setengah apalagi kepaksa. Apalagi kalo untuk lomba, lomba itu kan kalian berkompetisi supaya jadi yang terbaik, gimana mau jadi yang terbaik kalo terpaksa. Oke segitu aja bacotan gue, terima kasih banyak buat kalian yang udah nyempetin buat baca.
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

2 komentar :

  1. Makanya lain kalo kalo puasa itu sahur bang biar suara vokalnya bagus
    Coba dah klo orang puasa g saur pasti suara vokalnya lemes

    BalasHapus
  2. Banyak-banyakin minum air beras kalo pengen vocal lancar mah..

    BalasHapus