FarapaNotes
Home » » Memorable Moment of Lebaran part 1

Memorable Moment of Lebaran part 1

Written By Fazrin RP on Senin, 20 Juli 2015 | 21.45.00

"Lebarannya hari apa sih? Jum'at atau Sabtu?" Kata-kata itu benar-benar teringat di pikiran gue sampe sekarang. Ya gimana enggak, gue denger lebarannya hari Sabtu. Ya, otomatis harus masak hari Jum'at. Semua keluarga gue santai aja gak pada masak untuk lebaran. Setelah pengumuman sidang isbat ternyata 1 Syawal jatuh pada hari Jum'at. Kacau deh, seisi rumah semuanya pada sibuk masak. Gak cuma seisi rumah, tapi gue denger tetangga juga sama sibuknya. Suara panci, wajan yang jatuh "Teenggg" benar-benar mengganggu gue.

Orang tua gue masak dari mulai pengumuman kira-kira jam 7 malam, selesai jam setengah 1 malam. Ya, gue sih cuma bantu-bantu dikit aja. Untungnya, karena gue disuruh tidur supaya besok gak kesiangan bangun untuk sholat Ied. Masuk kamar, gue malah gak bisa tidur soalnya berisik sama yang masak ditambah petasan dimana-mana. Karena gak bisa tidur, gue nyalain laptop dan nonton film The Hobbit Battle of The Five Armies karena sebelumnya gue udah download dan belum sempet nonton. Sebenarnya mata gue udah gak kuat, tapi karena seru dan nanggung, gue tonton aja sampe tamat. Selesai nonton kira-kira jam 12, langsung dah gue molor, soalnya mata udah perih banget.

Besoknya gue dibangunin jam 5. Males banget gue bangun, badan berat banget dibawa bangun, apalagi langsung mandi. Tapi apa boleh buat, masa iya gue gak ikut sholat Ied, kan cuma satu tahun sekali. Gue bangun langsung mandi, untungnya air anget. Abis mandi langsung sholat shubuh. Abis sholat shubuh siap-siap pake baju baru buat sholat Ied.

Sholat Ied dimulai jam 7.30, gue berangkat ke lapangan jam 6.10 bareng keluarga. Sampai dilapangan ternyata gue telat, bukan telat ketinggalan sholatnya, cuma gue kebagian di shaf belakang. Gak masalah sih. Setelah memaparkan sajadah, langsung deh gue duduk dan takbiran.

Mulailah sholat. Setelah sholat ada ceramah kira-kira setengah jam, gue bener-bener gak bisa fokus dengerin ceramah karena ngantuk banget. Untungnya sih, gak ketiduran. Ada lho yang ketiduran. Kayanya dia lebih parah dari gue, mungkin aja gak tidur sama sekali.

Setelah sholat Ied selesai, langsung deh gue keliling untuk salam-salaman sama tetangga, sayangnya kalo sama tetangga gak dapet THR. Keliling selesai, langsung pulang dan makan ketupat pake opor ayam, mantap. Emang itu yang paling identik disaat lebaran. Enak banget dah meskipun masaknya mendadak tapi gak ada yang salah, ketinggalan atau gosong satupun.

Abis semuanya kelar, gue sama keluarga langsung deh cabut ke kampung. Kampung gue deket sih cuma 15 menit dari rumah. Sesampainya disana, baru satu keluarga dari luar kota dan satu keluarga yang deket, yang lainnya masih di luar kota. Seperti biasa, kita salam-salaman. Dan awal yang bahagia datang dari nenek gue yang ngasih THR pertama untuk gue. THR kedua disusul oleh orang tua gue, ketiga oleh uwa gue, dsb.

Udah dapet THR (*Belum final ya), gue dan keluarga besar kumpul di rumah nenek/kakek buyut gue di depan rumah nenek gue. Semuanya keliatan bahagia dan seneng. Ya iyalah kumpul kaya gitu cuma bisa saat lebaran aja. Gak bakal ada kesempatan lain diluar lebaran. Kita semua ngobrol, saling sharing pengalaman, sambil ngemil kue-kue lebaran. Bahagia banget.

Saat udah siang, semua makan siang bareng. Yah kalo dihitung keluarga besar yang ada saat itu mungkin baru ada 17 orang (*Kalo gak salah hitung). Tapi itu cuma keluarga lho, belum tetangga, keluarga jauh. Yah kalo di kampung semua warganya udah kaya keluarga. Tapi kalo 17 orang itu emang bener keluarga kandung gue keturunan dari nenek dan kakek buyut gue. Makanannya juga enak banget dah, gak bakalan ada lagi kalo bukan lebaran.
 

Setelah makan semuanya pisah, untuk istirahat. Ada yang di rumah nenek gue, di rumah adiknya nenek gue, di rumah paman gue, dll yang satu kampung. istirahat biasa sih, cuma tidur-tiduran sambil nonton tv, tapi sambil ngobrol juga kaya tadi. Kalo gue sih tidur aja, untuk balas dendam karena kemarin tidur cuma sebentar.

Gue bangun sore sekitar jam setengah 4, langsung cuci muka dan mandi, soalnya gerah banget. Gimana gak gerah, tidur pake celana jeans, pake baju kameja. Jadinya abis mandi gue cuma pake kaos dan celana boxer.

Setelah itu gue kumpul lagi bareng keluarga, lebih tepatnya pemuda di keluarga. Kalo tadi sama orang tua-orang tua nya, sekarang pemudanya doang. Biasa aja kita semua ngobrol, becanda, foto-foto, gitu dah sampe malem. Ditengah itu saat sore menjelang magrib gue diminta nganter om gue untuk menjemput kakek gue dari luar kota, di pertigaan depan kampung. Saat sampe disana gak keluar-keluar, ternyata udah duluan naik ojek. Yah, kita balik lagi aja. Sampe di kampung gue ketemu dan salam-salaman, balik lagi gue sama keluarga ngobrol sampe malem.

Ketika ngobrol gue tiba-tiba disuruh untuk ambil Aqua gelas yang 1 dus di rumah uwa gue, karena cari diwarung sama yang lain gak ketemu-ketemu. Untungnya ada di rumahnya. Gue ambil deh kesana ditemani adik gue. Setelah diambil dan balik, akhirnya 1 keluarga datang lagi ke kampung.

Keluarga ini emang gue tunggu-tunggu banget soalnya suka cerita seru-seru. Setelah masuk gue simpen deh 1 dus Aqua itu, dan langsung salam-salaman. Sekarang jadi 23 orang. Dan sesuai dengan dugaan gue, kakek gue (*Keluarga yang baru dateng). Tapi bukan kakek asli gue, dia adik dari nenek gue, meskipun masih bukan usia kakek-kakek tapi gue harus panggil kakek. Dia langsung cerita sama gue, gimana nantinya kalo gue masuk SMA, apa yang harus gue lakukan, dsb.

Nah itu dia yang selalu gue tunggu setiap lebaran. Bener-bener bikin gue termotivasi. Gue ngobrol sama kakek gue juga cukup lama, kalo gak salah sampe jam setengah 10an. Gue balik lagi ngobrol sama keluarga gue yang seusia. Saat jam 10 karena gue ngantuk, langsung aja gue tidur di rumah nenek.

Oke, karena gue udah ngatuk dan capek juga, kapan-kapan dilanjut. Tadinya gue gak bikin post ini pake part, tapi ah sudahlah. Kalian yang baca juga pasti ogah baca ini apalagi panjang-panjang. Tapi ya buat yang udah baca makasih, buat yang males baca gak apa-apa. Gue disini cuma mau share pengalaman seru gue di hari raya. Selebihnya gue cuma mau menumbuhkan hobi menulis, lebih tepatnya mengetik. Thanks ya.
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

0 komentar :

Posting Komentar