FarapaNotes
Home » » Teaching Experience

Teaching Experience

Written By Fazrin RP on Sabtu, 12 September 2015 | 17.29.00

Mengajar, kata itu sebelumnya gak pernah terpikir di dalam benak gue. Tapi untuk sekarang, kata itu udah menjadi bagian dalam hidup gue. Di usia gue yang sangat muda ini, gue bersyukur bisa berbagi ilmu yang gak banyak orang seusia gue bisa ngelakuin ini. Untuk sekarang, gue udah mengajar selama satu bulan lebih. Gue ini mengajar salah satu pelajaran di madrasah yang berada di salah satu kampung samping komplek gue. Berawal dari amanat guru MTs gue dan ajakan temen gue yang udah duluan mengajar, dia memang lebih hebat dari gue karena dia sudah mengajar sejak kelas 9 SMP. Saat itu, gue yang gak mikir panjang langsung nerima ajakannya. Gue cuma mikir untuk dapet pengalaman aja dan gak memikirkan sematang mungkin. Sebelumnya gue gak tau kalo kedepannya gue bener-bener sibuk banget. Sebetulnya gue disini gak bekerja, lebih tepatnya gue sebagai relawan.

Hari pertama, gue datang ke madrasah bareng temen-temen. Hari pertama itu gue baru tau ternyata pengajar disana semua memang pengajar muda. Hari pertama, gue kira langsung ngajar, ternyata hanya rapat untuk para pengajar. Hari selanjutnya saat pertama mengajar itu gue bener-bener gugup, tapi untungnya dalam satu kelas ada 2 pengajar, jadi gue gak harus handle semua murid. Hari pertama gue cuma kasih sedikit pengenalan dan sedikit memberikan rangkuman untuk pelajaran yang akan diajari. Hari itu gak ada masalah apa-apa dan cukup sukses.

Setelah beberapa hari, gue udah agak terbiasa untuk mengajar. Gue udah kenal semua pengajar dan beberapa murid. Nah dari sini gue udah mulai lancar dan bisa mengajar. Sayangnya, saat minggu ke-2 gue mulai sibuk sekolah, tugas sudah mulai menumpuk. Tapi untungnya gue bisa beresin itu semua meskipun capek yang bener-bener capek banget. Barulah battle terberat gue di minggu ke-3. Pertama, gue jadi karang taruna, harus mempersiapkan acara 17 Agustus, banyak banget rapat-rapat dan persiapan. Kedua, tugas sekolah gue 'salah satunya' membuat Karya Tulis Ilmiah. Bener-bener padat jadwal gue saat itu. Akibatnya, gue gak bisa handle itu semua. Dan ngajar lah yang gue korbankan karena meskipun gue gak ngajar masih ada pengajar yang satunya.

Setelah minggu itu selesai, akhirnya gue bisa kembali mengajar dengan normal. Sampai sekarang, gue udah tau gimana rasanya kalo lagi menerangkan ada yang ngobrol, becanda, tapi yang paling bikin sakit hati adalah kalo menerangkan gak ada yang ngedengerin. Sumpah, gak enak banget. Apalagi murid yang berani ngelawan, itu ngeselin banget. Pengennya sih gue tonjok mukanya. Ketika itu terjadi, yang harus gue lakukan adalah tetap sabar. Gue sekarang tau, kenapa guru suka marah-marah, kenapa guru baik banget, kenapa guru benci ke murid, kenapa guru sayang ke murid, kenapa guru ngasih nilai jelek, kenapa guru ngasih nilai tinggi. Itulah pelajaran besar yang gue dapat sebagai pengajar dalam satu bulan ini.

Tapi sayang banget, kayanya gue gak bakalan bisa konsisten. Masalahnya gue gak bisa memanage waktu gue. Waktu belajar gue jadi kurang, waktu istirahat gue juga jadi kurang. Gue jadi gak punya waktu untuk melakukan hal-hal yang gue sukai. Gue gak tau apa ini karena emang belum biasa atau bener-bener gitu kenyataannya. Rencananya gue akan selesai di semester satu. Karena takutnya gue tambah gak sanggup, dan kasihan sama muridnya juga. Meskipun hanya satu semester, semoga ilmu yang gue berikan bermanfaat bagi murid-murid gue. Tapi lebih semoga kalo gue gak berhenti di satu semester.

 "Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain"

-Rasulullah S.A.W
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

3 komentar :

  1. Kalo ngajarnya 1 semester udah kaya anak PPL ya zrin? Gapapa lah, yang pentingkan berbagi ilmunya, semoga mendapat pengalaman terbaik selama mengajar di madrasah itu ya. Good luck.

    Oh iya, blognya udah gue follow ya, don't forget to follow back. :)

    Salam Kenal
    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sih , ngerasa kaya PPL aja wkwkwk. Ya bener banget, semoga aja ilmu yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Thanks ya!
      Oke saya follback ;)

      Hapus