FarapaNotes
Home » » Pengen Jadi Beatboxer

Pengen Jadi Beatboxer

Written By Fazrin RP on Kamis, 18 Februari 2016 | 16.56.00

Dulu itu gue ini gak punya keahlian didalam bidang musik. Gue pernah belajar gitar, tapi cuma sebentar dan ditinggal sampe lupa kunci-kuncinya. Belajar bass, band nya bubar dan gak pernah latihan lagi. Kalo nyanyi suara gue gak banget. Dulu gue gak kepikiran lagi buat menekuni bidang musik karena selalu gagal. Sampe saat gue kelas 9 tahun lalu, gue ngeliat beatboxer di acara TV. Gue tertarik banget karena beatbox itu jarang banget ada yang bisa. Kalo gitar banyak, beatbox masih jarang banget. Gue baru share sekarang karena skill beatbox gue sekarang gak amatir amat kaya dulu.

Saat di acara TV yang gue liat itu, yang tampil adalah Jakarta Beatbox. Mungkin udah banyak yang tau siapa Jakarta Beatbox itu. Setelah kepikiran untuk belajar beatbox, gue langsung buka yutup dan cari tutorial beatbox. Beruntung sekali gue karena tutorial yang gue dapet langsung dari Jakarta Beatbox itu sendiri. Akhirnya gue tonton dan didownload sekalian.

Gue tonton tutorial pertama, yaitu basic dalam beatbox. Basic dalam beatbox terdengar mudah karena cuma nyebut huruf B, T, K tanpa vokal. Kalo dalam drum B=Kick, T=HH, K=Snare. Tapi ternyata gak semudah yang gue bayangkan terutama pas huruf K. Sampe 1 bulan bahkan lebih gue masih belajar cara menyebutkan huruf B T K dengan benar, dan akhirnya gue bisa. Yup! dalam 1 bulan ternyata gue hanya bisa menguasai 1 tutorial. Tapi, tanpa gue sadari ternyata dari basic beatbox, gue bisa membuat beat sederhana yang enak didengar dan bisa gue masukan ke lagu yang slow.

Masih belum puas, akhirnya gue melanjutkan untuk belajar pattern beatbox lainnya. Kalo kalian belum tau, beatbox itu gak cuma menirukan suara drum aja, ada suara alat musik lain seperti terompet, gitar, bass, saxophone dan alat musik lainnya, ada juga sound effect seperti siren, robot sound, dan lainnya. Jadi beatbox itu sebenernya gak perlu bantuan alat musik lain. Bagi beatboxer semua instrumen ada di mulut.

Balik lagi, jadi gue belajar step by step dari yang mudah-mudah. Dan akhirnya sampe sekarang gue udah bisa menguasai banyak pattern, terutama pattern dalam drum. Kalo sound effect dan suara alat musik lain gak terlalu banyak menguasai. Akhirnya skill gue udah bisa ditampilkan. Untuk pertama kalinya gue menampilkan skill beatbox gue di depan temen-temen kelas. Ya biarpun hanya temen-temen kelas setidaknya skill gue bisa tunjukkan. Soalnya dari dulu gue latihan sendiri dan belum pernah ditampilkan ke temen sama sekali.

Gue tampil karena disuruh praktek musik oleh guru senbud gue. Dan gue seneng karena untuk pertama kalinya bisa menampilkan skill musik gue. Gue menampilkan beatbox gue didepan temen-temen dengan memainkan lagu Ten 2 Five - I Will Fly sambil diiringi oleh gitar dan dibantu oleh 2 temen beatboxer gue juga. Sebenarnya kejadian itu sudah lama berlalu, mungkin sekitar 3 bulan yang lalu.


Setelah itu gue dan temen beatbox kelas gue berencana membuat komunitas beatbox sendiri. Akhirnya kita buat namanya BBOX CREW, dengan anggota awal hanya 3 orang. Karena kekurangan anggota dan gak ada beatboxer lagi, akhirnya kita mengajak beberapa temen sekelas untuk masuk komunitas kita dan mengajarkan beatbox. Akhirnya mereka mau dan bertambahlah anggota sampe 8 orang. Tapi sayang, kita gak konsisten dan akhirnya bubar gak jelas.

Dan akhirnya karena males, skill beatbox gue gak meningkat sampe beberapa bulan terakhir. Dan mulai sekarang gue mulai belajar lagi. Doakan gue semoga gue konsisten dan bisa menjadi beatboxer pro. Buat kalian yang penasaran beatbox sebenernya kaya apa, coba search "Tom Thum" di youtube dan tonton videonya. Dia itu beatboxer asal Australia dan menurut gue dia beatboxer paling keren. Kalo di Indonesia ada bang Billy Beatbox, bang Gazelle, dan masih banyak lagi. Dan buat yang mau belajar, coba aja liat tutorial dari abang-abang Jakarta Beatbox. Gue juga berterimakasih sebesar-besarnya kepada Jakarta Beatbox karena secara tidak langsung telah mengajari gue ilmu beatboxnya.

Oke sekian dulu curhatan gue. Makasih banyak buat yang udah meluangkan waktunya buat baca, semoga bermanfaat. Oh ya, kalo kalian beatboxer juga, boleh dong saling sharing ilmu beatboxnya wkwkwk.
SHARE

About Fazrin RP

Hai! gue adalah pemilik dan penulis blog FarapaNotes ini. Buat kalian yang gak tau, nama Farapa itu diambil dari singkatan nama lengkap gue 'FAzrin RAga PAkarti'. Mau tahu lebih dalam soal gue? Lo bisa tanya gue di twitter, @farapa404.

13 komentar :

  1. Engga pernah jadi beat boker seringnya boker
    Wah kenapa sob sering bubar? Sayag atuh
    Kalo mau menekuni dan meningkat kualitas iman dan taqwa eh kualitas kemampuan kita itu intinya jangan pernah bosen
    Kok nama gw engga disebutin diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ada-ada aja.
      Ya nih, bukan bosen sih, cuma gak konsisten aja. Tapi yang namanya bosen sih pasti ada. Jadinya gak semangat gitu.
      Lho emang kenapa harus ada nama lo nik? XD

      Hapus
  2. Gara-gara belakangan ini gua sering denger temen gua ngebeatbox, gua juga jadi pengin ikutan belajar, deh.

    BalasHapus
  3. Intinya sih kalo mau buat apa-apa, harus konsisten. Akhirnya bubar kan, tuh.

    Btw, gue pun seorang beatboxer. Tapi untuk diri sendiri aja, bukan performer, hehehe. Awalnya belajar snare K, itu susah banget di praktekin. dan sempat berenti belajar gara-gara snare kampret ini. Setahun kemudian, beatbox kembali happening lagi, gue iseng-iseng buka tutorial dari Jakarta Beatbox, eh tau-taunya gue bisa snare K. Ajaib. Dapat beat sederhana, udah seneng banget, tuh. Pernah juga pas belajar, suara robot yang kayak batuk dahak, gitu, sampai mau muntah, tenggorokan juga jadi sakit. Tapi sekarang udah lancar, sih. Tapi cuman buat iseng-iseng kalo lagi sendiri. Lagi nge-blog, dengerin musik, biasanya reflek mulut sambil beatbox. Asik sih. Tapi kalau untuk performer, gue gak siap, dah. Jauuuh. Skiill cetek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh, harus konsisten

      Wih tapi kayanya skill lo udah mantep tuh, udah bisa robot sound, gue aja belum dapet. Btw gue sendiri juga masih cetek kalo buat perform beneran, perform gue cuma buat dapet nilai tugas senbud doang. Tapi kalo gue sih niatnya ya pengen buat performer sih wkwkwk

      Hapus
  4. Bener sih ._. konsisten itu susah, makanya cuma orang yang konsisten aja yang bisa berhasil :'

    Aku belum bisa beatbox wkwkw bisanya mainan mulut *lah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang (termasuk orang sukses) pasti pernah merasakan sulitnya untuk konsisten. Bagi mereka yang bisa melewatinya, merekalah yang sukses. Asik :D

      Hapus
    2. Haseeeeeek *langsung headbang*

      Hapus
  5. wih, mantap ya ilmunya. semoga bisa diaplikasikan secara kece beatboxnya. lu mending bro pernah bisa gitar senggaknya walaupun lupa kunci, gue tau kunciny aaja kagak -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya makasih
      Gpp bro, orang-orang punya keahliannya masing-masing

      Hapus
  6. Hhhmm menarik, gmn klo digabungin sama harmonika punya ane!?, boleh gk ane gabung ke komunitas beatbox-nya?
    Mampir juga ke blog ane gan, ane baru pemula jadi blogger authoreko.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh keren juga tuh. Pernah liat di youtube ada harmonika beatbox keren banget.
      Kan udah bubar wkwkwk
      Siap ko

      Hapus